MUTU PENDIDIKAN DITENTUKAN OLEH KOMPETENSI PENDIDIK

PPID Aceh Tamiang | Rabu, 1 September 2021 | Berita 

Aceh Tamiang: Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Drs. Asra membuka Musyawarah Daerah Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Aceh Tamiang (MUSDA-I IGI) mengusung tema Serentak Tumbuh dan Saling Berbagi Wujudkan Aceh Carong di Bumi Muda Sedia, bertempat di SKB Karang Baru pada Selasa (31/08/21).

Mengawali arahan dan sambutannya, Sekda Asra menyampaikan apresiasinya kepada IGI karena telah membantu Pemerintah Aceh dalam sektor pendidikan dimasa pandemi. Dimasa ini pula ungkapnya, guru dituntut untuk berinovasi dan mahir dalam menggunakan internet dalam proses pembelajaran.

Pada kesempatan ini, Sekda menyarankan adanya pemerataan kualitas guru antar sekolah untuk meningkatkan kompetisi para pendidik. Saran itu menurutnya sangat penting karena jika tidak ada pemerataan kualitas guru, pendidikan di wilayah perkotaan semakin maju berbanding terbalik dengan pendidikan di sekolah pedalaman yang semakin tertinggal.

“Peningkatan kualitas guru di semua sekolah harus merata, dimana mutu pendidikan ditentukan oleh kompetensi guru, inilah tugas kita bagaimana guru dapat memberikan pelayanan pendidikan yang merata sehingga anak-anak mendapatkan hak yang sama," jelasnya.

Ia juga berharap agar Ketua dan Pengurus terpilih pada MUSDA-I IGI bersama Pemerintah Aceh dapat meningkatkan kompetisi para pendidik agar berkontribusi nyata menghadapi tantangan khususnya di Bumi Muda Sedia.

Kegiatan ini mengikutsertakan sebanyak 60 (enam puluh) orang peserta yang berasal dari 12 Kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang meliputi guru SD, SMP, SMA, SMK, Pengawas dan Kepala Sekolah.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk memilih ketua IGI Kabupaten Aceh Tamiang yang baru periode 2021 hingga 2026. Yang diharapkan dapat mengembangkan organisasi menjadi lebih baik dan menjalankan amanah organisasi dan bersinergi dengan berbagai pihak demi kemajuan organisasi”, jelas Ketua Panitia Pelaksana Ilyas, S.Pd dalam laporannya.

Sementara Ketua IGI Aceh Tamiang Hadi Firmansyah, S. Pd yang telah menjabat 3 tahun di organisasi ini menyampaikankan ucapan rasa syukur dan terima kasih kepada Pemerintah Aceh Tamiang untuk terus bergerak dan mendukung IGI dimana tugas IGI membantu Pemerintah Daerah melalui kompetensi guru.

"Terima kasih juga kepada Dinas Pendidikan, Kepala Cabang Dinas, yang selama telah mendampingi IGI, sehingga sampai saat ini IGI terus bereksistensi di dunia pendidikan di Aceh Tamiang. Oleh karenya, Musda ini menjadi tolak ukur untuk melanjutkan program yang belum tercapai agar tercapai di tahun yang akan datang," ujarnya.

Hadir dalam giat tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang, Kepala Dinas Pendidikan Cabang Kabupaten Aceh Tamiang Bakhtiar, S.Pd, Perwakilan Kemenag Kabupaten Aceh Tamiang, Ketua IGI, Ketua PGRI, para MKKS SMP, SMA, SMK, Pengawas Sekolah dan undangan lainnya.

Tags igi  mutupendidikan  acehtamiang  dinaspendidikan