TENTANG PPID ACEH TAMIANG

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Aceh Tamiang adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang. Dengan keberadaan PPID maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit karena dilayani lewat satu pintu.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu (PPID Pembantu) adalah pejabat yang melaksanakan tugas dan fungsi sebagai PPID pada Satuan Kerja Perangkat Aceh Tamiang (SKPA) di lingkungan Pemerintah Daerah.

Dalam bertugas, PPID Aceh Tamiang dibantu oleh Pejabat Fungsional Pengelola Informasi dan Dokumentasi..

Gubernur Aceh menetapkan Keputusan dengan nomor : 480/335/2012 tentang Penetapan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi terdiri dari Tim Pertimbangan, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Utama serta Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu.

Keputusan Gubernur telah mengalami perubahan ketiga sehubungan penetapan PPID Aceh. Saat ini, Penetapan PPID Aceh diatur dalam Keputusan Gubernur Aceh Nomor 480/30/2020 tentang Penetapan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Aceh.

Selain itu, pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Aceh ditetapkan dalam Peraturan Gubernur Aceh Nomor 39 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Aceh sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Gubernur Aceh Nomor 57 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Aceh

Untuk menguatkan pengelolaan layanan informasi publik di Pemerintah Aceh maka, pada tahun 2019 disahkan Qanun Aceh Tamiang Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik.

Pada tahun 2019 mendapatkan penghargaan peringkat pertama anugrah keterbukaan informasi publik dengan kategori menuju informatif.

 

Motto     

Melayani Cepat dan Berkualitas